Microsoft Dituntut Atas Kinect

Microsoft memang sedang gencar mempromosikan Kinect, produk mereka yang memungkinkan tubuh pemain menjadi "controller" dari sebuah game. Tetapi baru-baru ini, Microsoft dituduh melanggar hak paten atas Kinect. Benarkah Microsoft telah "mencuri" ide Kinect dari orang lain?

Sebuah perusahaan teknologi yang bertempat di Ohio, AS, Impulse Technology mengaku bahwa mereka-lah yang pertama kali menciptakan teknologi yang digunakan oleh Kinect. Mereka menuntut Micrsoft karena adanya tujuh pelanggaran dalam hak paten dari teknologi yang mereka kembangkan, antara lain adalah gerakan pemain dilacak dalam tiga dimensi, yang termasuk juga penggunaan avatar virtual dan pelacakan gerakan pemain yang ditangkap oleh kamera. Selain Microsoft, beberapa perusahaan game termasuk EA, Konami dan Sega juga dilampirkan turut bersalah karena mendukung "teknologi curian" dengan mengeluarkan game-game "Kinect friendly".

Apabila nantinya dinyatakan bersalah dalam pengadilan, maka hal ini akan berdampak buruk bagi Microsoft. Bisa jadi Kinect tidak akan dapat diproduksi lagi dan semua perangkat Kinect beserta game yang mendukung penggunaan Kinect yang pernah terjual dan diproduksi harus ditarik kembali dan mungkin dimusnahkan. Sampai saat ini masih belum ada tanggapan dari pihak Microsoft mengenai kasus ini, tetapi tentunya Microsoft tidak akan diam saja melihat salah satu "ladang uang"-nya diganggu oleh pihak lain.


No comments: